Dual Boot untuk Kali Linux dengan Windows 11

Fergofernanda
4 min readJun 12, 2024

Persiapan

Sebelum memulai untuk melakukan dual boot untuk kali linux pada windows 11 memerlukan beberapa tools:

  1. Rufus
  2. Disk Manager
  3. Kali linux installer
  4. Flashdisk

Langkah Langkah

  1. Melakukan instalasi untuk iso dari kali linux
kali linux instaler

2. Instalasi Rufus untuk membuat bootable usb driver

Rufus

3. Melakukan bootable pada usb driver

Bootable usb driver

pada gambar diatas merupakan proses yang dilakukan untuk membuat usb driver yang sudah kita tancapkan ke laptop/pc menjadi bootable yang nantinya berisi kali linux, pada gambar diatas jika semua atribut yang dibutuhkan sudah sesuai maka langsung saja klik start untuk memulai.

4. Melakukan shrink pada partisi untuk kali linux

Shrink partisi Disk Manager

Pada gambar diatas saya melakukan shrink pada disk D dimana memotong free space atau ruang kosong sebesar 35Gb yang nantinya digunakan untuk kali linux.

5. Masuk kedalam menu bios

Disini langsung saja masuk ke dalam menu bios dimana setiap laptop atau pc memiliki cara yang berbeda beda, disini laptop saya adalah asus sehingga saya menggunakan tombol F2 untuk masuk kedalam Bios. Nantinya hanya perlu memasukan boot option menjadi disk yang sudah di berisi kali linux sebelumnya, lalu masuk kedalam security untuk mematikan fitur secure boot menjadi disable lalu save dan exit.

6. Masuk kedalam tampilan awal Kali linux

tampilan awal Kali linux

pada gambar diatas pilih bagian Graphical install untuk melanjutkan configure kali linux

7. Memilih Bahasa yang digunakan

memilih bahasa yang digunakan

Disini untuk pemilihan bahasa saya menggunakan bahasa Inggris

8. Memilih Lokasi

memilih lokasi

Disini untuk lokasi saya memilih other, lalu masuk kedalam asia, setelah itu baru Indonesia.

9. Pengaturan Configure Locale

Configure Locale

Pada gambar diatas saya memilih US sebagai defaultnya

10. Konfigurasi Keyboard Layout

Keyboard Layout

11. Menunggu proses Konfigurasi

loading proses konfigurasi

12. Memilih konfigurasi jaringan yang digunakan

pemilihan konfigurasi jaringan

Disini untuk konfigurasi jaringan diminta untuk memasukan wireless network yang tersedia yang mana disini saya menggunakan hotspot dari HP saya yaitu redmi 9, selanjutnya diminta memilih tipe wlan0 saya memilih WPA/WPA2/PSK, berikutnya diminta memasukan password untuk wifi yang saya gunakan.

13. Menunggu Proses Konfigurasi

loading proses konfigurasi

14. Memberikan hostname

hostname

15. Memberikan nama domain

domain name

disini untuk konfigurasi domain name saya kosongkan dan langsung saja menekan tombol continue.

16. Setting Nama untuk user baru

konfigurasi nama pengguna baru

17. Setting username untuk akun baru

setting username

18. Setting password baru

setting password baru

19. Memilih setting waktu

konfigurasi waktu

20. Memilih partisi disk yang digunakan

partisi disk

21. Konfigurasi Partisi Scheme

partisi scheme

22. Overview Konfigurasi

Overview Konfigurasi

23. Memilih Software yang ingin diinstal setelah itu tunggu sampai instalasi selesai

instalasi software

24. Masuk Kedalam halaman login pada Kali linux

halaman login kali linux

25. Dashboard Kali linux

dashboard kali linux

Dari sini sudah berhasil dalam instalasi kali linux menggunakan dual boot dengan windows 11 disini saya coba untuk pindah ke dalam windows lagi dengan melakukan restart pada kali linux.

26. Mencoba kembali ke windows 11

halaman pemilihan dual boot

disini saya mencoba untuk pindah ke dalam booting windows dengan memilih pilihan ke 3 yaitu windows boot manager maka akan kembali masuk ke dalam OS windows, lalu jika ingin masuk ke dalam kali linux maka tinggal masuk ke dalam pilihan 1 yaitu kali GNU/Linux.

--

--